Senin, 23 April 2012

Penelitian Tentang Turunnya Minat Belajar Para Pelajar


Kata Pengantar

Puji Sukur kami panjatkan keharihan Tuhan Yang Maha Pengasih lagi maha pengayang ,atas berjat rahmat dan karuanianya kami telah menyarlesaikan hasil Penelitian Sosiologi yang di susun berdasrkan metode dan struktur penelitian yang telah di tentukan.
            Saat ini pelajaran sosiologi merupakan sarana komunikasi untuk sarana komunikasi untuk saling berinteraksi yang berguna bagi masyarakat Indonesia.Khususnya para pelajar di tingkat SMA dan dengan pelajaran sosiologi kami dapat memahami keadaan social di sekitarnya.
            Dalam kegiatan penelitian ini kami dapat mengerti dan memahami bagaimana caranya mendekatkan diri dengan lingkungan masyarakat sekitar dan dengan pnelitian ini kami dapat langsung turun ke lapangan lingkungan masyarakat untuk mengetahui bagaimna pendapat para siswa mengenai hasil penelitian kami ini.
            Dan dalam pembelajaran sosiologi di harapakan dapat memenuhi harapan dan keinginan orang yaitu kamu mapunbelajar berinteraksi dan bersosialisasi langsung dengan masyarakat tanpa harus canggung ataupun merasa berat dalam menghadapi masyarakat di dalam sekolah maupun di luar sekolah.
            Kami mengucapkan terima kasih atas perannya semua pihak khusunya pihak pihak yang membantu kami dalam menyelesaikan penelitian sosiologi ini. Semoga hasil penelitian ini dapat memenuhi persyaratan yang telah di tentukan.


Medan,23 Februari 2012





DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ____________________________________________
DAFTAR ISI_________________________________________________
BAB I. PENDAHULUAN
       I.    LatarBelakang_______________________________________
       II.  Rumusan Masalah_____________________________________
III . Tujuan___________________________________________
BAB II. LANDASAN TEORI
       LandasanTeori____________________________________________
       Hipotesis________________________________________________
BAB III.METODE PENELITIAN
       I. Waktu dan tempat______________________________________
       II. Banyak Respond_______________________________________
       III. Analisa data  _______________________________________
       IV. Metode Pengumpulan Data   _____________________________
BAB IV. HASIL PENELITIAN DAN KESIMPULAN
Hasil Angket dan Observasi ____________________________________


BAB V. PENUTUP        
       Kesimpulan  _____________________________________________
       Saran__________________________________________________
DAFTAR PUSTAKA ___________________________________________





Bab I
Pendahuluan

1      Latar Belakang
            Di lihat akhir –akhir ini minat belajar para siswa mulai terlihat menurun mungkin di karenakan adanya jejarigan social sepert Facebook atau Twitter atau karena factor lain.Jejaringan ini kadang membuat siswa lebih tertarik untuk membuka facebook dan twitternya kebanding harus membuka buku pelajaran. Faktor lain menurunnya minat belajar para siswa adalah pergaulan  teman teman sekitar. Misalnya yang dulu rajin belajar menjadi malas belajar gara gara pengaruh teman teman, dan akhirnya pun terpengaruh menjadi malas untuk belajar.

1.     Rumusan Masalah

·         Apakah ada pengaruh dari orang lain dengan turunnya minat belajar para pelajar?
·         Apakah ada dampak dari turunnya minat belajar para pelajar?
·         Apakah ada pengaruh dari keluarga yang brokenhome dan lingkungan sekolah dengan turunnya minat belajar para pelajar.
·         Benarkah ada pengaruh dari kita sediri terhadap turunnya minat belajar para pelajar atau karena kita tidak suka sama mata pelajaran tersebut.

2.    Tujuan Penelitian
·         Untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari orang lain dengan turunnya minat belajar para pelajar
·         Untuk mengetahui dampak turunnya minat belajar para pelajar
·         Untuk mngetahui apakah ada pengaruh minat belajar siswa jika keluarganya broken home dan lngkungan sekolah dengan turunnya minat belajar para siswa.
·         Untuk mnegetahui apakah ada pengaruh dari diri sendiri atau pengaruh karena kita tidak suka sama mata pelajaran itu.




Bab II
Landasan Teori

Belajar merupakan kegiatan yang di lakukan siswa guna menciptakan sebuah perubahan pada diri siswa yang meliputi kemampuan kognitif,efektif dan psikomotorik.
          Pengertian belajar di kemukakan okeh Slameto (2003:2) yakni belajar adalah suatu proses usaha yang di laukan seseorang untuk memperoleh perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya, Sedangkan cronbach dalam Djamarah (2008:!3)” memeberikan definisi “Learning os shown by a change in behavior as  a result of experience”. Yaitu belajar adalah memperlihatkan perubahan dalam prilaku sebagai hasil dalam pengalaman

Pendidikan adalah segala daya upaya untuk memajukan budi pekerti, pikiranserta jasmani anak, agar dapat memajukan kesempurnaan hidup yaitu hidup danmenghidupkan anak yang selaras dengan alam dan masyarakatnya (menurut Ki Hajar Dewantara)
Pendidikan adalah usahan sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pemebelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual kegamaan,pengendalian diri kepribadian,kecerdasan,akhlak mulia, serta keterampilan yang di perlukan dirinya dan masyarakat.
            Anggota keluarga mempunyai peran pengajaran yang amat dalam , sering kali lebih mendalam diri yang di dasari mereak , walau pun pengajaran anggota keluarga berjlan secara tidak resmi.
Dari pernyataan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa pendidikan adalahusaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran atau pelatihan agar peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi dirinya supaya memiliki kekuatan spiritual keagamaan, emosional, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yangdiperlukan dirinya dan masyarakat
            Fungsi Pendidikan menurut Horton dan Lembaga pendidikan berkaitan dengan fungsi yang  nyata :
·         Mempersiapkan anggota masyarakat untuk mencari nafkah
·         Mengembangkan bakat seseorang demi kepuasan pribadi dan bagi kepentinan masyarakat
·         Pelestarian kebudayaan.







HIPOTESIS
·         Memang ada pengaruh dari orang lain dari turunnya minat belajar siswa, terutama dari teman teman sekitar
·         Dampak dari turunnya minat belajar para pelajar akan berpengaruh pada masa depannya.
·         Kalau turunnya minat belajar para siswa bisa juga karena factor keluarga yang brokenhome
·         Biasanya pengaruh dari turunnya minat belajar para siswa adalah karena dia tidak suka sama matapelajaran itu










Bab III
Metode Penelitian

            Penelitian ini dilakukan di SMA NEG 14 MEDAN pada tanggal             30 januari sampai 4 februari 2012  dengan pertimbangan peneliti sebagai siswa/siswi SMA Neg 14 Medan. Dan Metode yang akan kami  lakukan dengan menggunakan metode angket terbuka.
A Metode Analisis Data  
·         Menggunakn teknik kualitatif dekriftif yaitu dengan memberikan paparan dana gambaran terhadap analisa dari data penelitian.

Metode Kualitatif Deskriptif
·         Quisioner (angket) = Kombinasi/campuran
·         100 reponden
·         Popoulasi SMA NEG 14 MEDAN kelas XI IPA

B Metode Pengumpulan data
1 Metode angket quisioner
            Metode angket yang di gunakan adalah angket campuran
2 Metode Observasi Langsung
            Dengan melakukan observasi langsung yaitu dengan melkukan pengamatan terhadap 10 sampel yang di ambil sebagai pengamatan.













BAB IV
Hasil Penelitian


1.     Apakah Ada pengaruh dari orang lain dengan turunnya minat belajar para pelajar?

Yang menjawab “YA”             :         82/100 x 100 = 82%
Yng menjawab “TIDAK”       :           18/100 x 100= 18%

Jadi, dari hasil di atas bahwa 82%respnden pada pertanyaan pertama mereka menjawab Yng “YA” karena setiap orang dapat terpengaruh dengan orang lain dengan setiap ajakan orang. Terutama ajakan teman teman untuk bermain, misalnya hang out untuk nnton ke bioskop, sepulang nnton psti merasa capek and jadi malas belajar, bawaanya pingin tidur. Dan ada alas an lain yaitu katanya sih terhantung dari individunya sendiri.

2.    Apakah ada dampak dari turunnya minat belajar para pelajar?
Dari response yang menjawab dampak terhdap turunnya minat pelajar itu ada, contohnya presatasi dalam belajar akan menurun dan masa depannya tdak akan cerah,
3.    Apakah adapengaruh dari keluarga yang brokenhome dengan turunnya minat belajar para siswa?
Jadi hasil di atas bahwa 92% responden pada pertanyaan ketiga mereka menjawab YA karena kurangnya perhatian dari orangtua padaanak menyebabkan anak kehilangan jatidirinya dan tujuan hidupnya sehingga rasa semnagat belajar akan berkurang

Hasil Observasi
            Berdasarkan hasil observasi yang kami lakukan , kami mendapatkan bahwa pengaruh turunnya minat belajar para pelajar itu karena faktor tidak suka sama mata pelajaran tersebut dan faktor guru yang mengajar .Ketika kita membenci pelajaran atau gurunya otomatis minat belajar kita tehadapa pelajaran tersebut berkurang.Bahkan mungkin kita tidak akan bisa memperoleh apapun dari apa yang telah di ajarkan gurunya.



Bab IV
KESIMPULAN
Berdasarkan hasil penelitian yang kami lakukan kami memperoleh bahwa :
·         Menurunnya minat belajar para siswa dapat dipengaruhi oleh orang lain terutama pengaruh dri teman teman di sekitar bahkan dari guru bidang studi yang mngajar dan lingkungan rumah juga menjadi faktor utama turunnya minat belajar Para pelajar. Kaloau bagi keluarga yang sedang broken home juga berpengaruh besar karena dapat mempengaruhi minat belajar anak tersebut. Mereka kurang mendapat perhatian dari orang tua mereka dan tidak mendapat dukungan dari keluarga mereka.

·         Dampak dari turunnya minat belajar para siswa adalah akan berpengaruh pada masa depan pelajar tersebut.


Saran
·         Seharusnya para pelajar jangan mengikuti kemauannya saja. Bila tidak suka terhadap mata pelajaran tersebut haruslah di lawan rasa itu.
·         Sebaiknya jangan mudah terpengaruh akan ajakan teman yang tidak baik untuk malas belajar.
·         Bagi anak yang yang keluarganya sedang broken home janganlah terlalu memikirkan masalah tersebut dan lebih focuslah pada pelajaran sekolah agar masa depan cerah/sukses



Tidak ada komentar:

Posting Komentar